Tuesday, June 9, 2009

Komparasi merk kamera

1. CANON - koleksi lensa2nya lengkap. biasanya Canon sangat cepat mengeluarkan barang baru, dan yang lama langsung turun harganya. dan kadang bedanya tipis banget sama sebelumnya.

Rata2 lensa tele nya mantep. dan sering di pake jurnalis2 buat ngejar moment. belum punya canon klo blom punya 70-200 banyak di pake di foto model karena soft di skintone. Juga rame di pake di dunia wedding.

Satu lensa yang unik adalah MPE 65, lensa buat macro dan ngetop di dunia. karena pembesaran bisa 5x dalam 1 lensa ( jelasnya ngacungnya panjang banget ).


2. FUJI - body2 nya ngambil dari Nikon. dan di modif sendiri. so far seh, jarang yang make. JPG bagus di skintone, tapi RAW ancur2an. dengan harga yang mirip2 sama dgn nikon, yah.. rata2 ngambil nikon lah.


3. LEICA - overpriced. lebih kearah collectible daripada di pake sehari2. enough said


4. NIKON - saingan Canon. dua merek ini jadi banyak standard di dunia foto. Nikon tuh klo udah ngumumin barang keluar, tapi sampe ke tangan kita bisa berbulan2 kemudian. lebih konservatif.

Banyak lensa2 Nikon yang masih AFD ( artinya focusnya masih pakai motor di body ). tapi pelan2 sudah mulai ganti ke AFS. perkiraan gua seh, rata2 mau di jadiin lebih mahal lagi. Lensa2 nikon banyak legendaris di Wide angle dan Fish Eye. serta lensa2 "aneh" PC, PCE, dst.

lensa 105mm macro dan 200mm macro dah jadi legenda deh. untuk pembesaran 1:1 jarak 15-30 cm... dah jadi raja. terus ada lagi PB6 ( bellow ) yang bisa moto 11x pembesaran. jadi misal ada binatang 2mm, di foto bisa 22mm di sensor... nyam nyam.

Lensa Nikon banyak yang warna lebih saturasi dan kontras di pinggiran ( sehingga persepsi kita melihat hasilnya lebih tajam ).

menurut gua satu kelebihan nikon adalah, lensa lama masih bisa di pakai di body baru dan meteringnya jalan, artinya orang yang dah berdedikasi ngumpulin puluhan lensa, tetap bisa makai. seperti yang saya bilang, klo motonya pake manual, ngapain pusing beli lensa2 baru.


5. OLYMPUS - Dengan ukuran sensor yang lebih kecil ( 4/3 ) olympus cocok buat yang demen macro atau tele, karena lebih kerasa. mungkin karena ukuran sensor yang lebih kecil membuat orang kurang suka. gimana juga, size does matter at some point. di tambah lensa2 Olympus gak terlalu murah.


6. PENTAX - padahal jaman 1970an, pentax ini raja loh.... rame banget yang pake spotmatic, Pentax 67, pentax 645 ( autofocus pertama di medium format ). sayang dah mulai redup. barang2 nya gak ada pembaharuan. jadi kayak megang barang jadul.

di era digital, Pentax tuh sistem yang paling murah di banding merk2 lain. yah kelengkapan barang2nya gak terlalu banyak. cuma kalau pakainya zoom di range 18-200 masih tersedia lah. dan 1-2 flash.... cocok buat pemula yang gak mau repot dan " tegoda " beli2 lensa lain ( haha.. mau beli juga gak ada barangnya ).


7. PANASONIC - versi murahnya Leica sejak kerjasama dgn Pana, kayaknya Pana gencar neh mau masuk ke DSLR dan RangeFinder, pake lensa leica... dengan mounting FOUR THIRD.


8. SAMSUNG - asli... dah keluarin bbrp DSLR tapi lom pernah liat satu pun yang make


9. Sigma - sama seperti samsung,lom pernah liat orang yang make. secara teori sih Foveon, ini sama persis dengan prinsip kerja film warna. karena salah satu kriteria detail adalah warna, mustinya warna yang di hasilkan sangat cerah ( wide gamut ).

kalau di lensa.... 50-50. artinya kadang bisa dapet barang bagus, kadang gak. klo lensa dia yang terkenal adalah 70-200/2.8. karena harga gak gt mahal dan HSM pulak.


10. Sony - dulu seh minolta ngetop di Indo. terus ilang, dan sekarang di beli sama Sony. lensa2 bagus, tapi rata2 price lebih tinggi dari nikon dan canon. klo di liat seh bakalan jadi 3 besar. karena dukungan dana yang kuat dari pihak sony.

No comments:

Post a Comment